GAds

Cerdik Memilih Rumah Sakit

Saat ini, kondisi kesehatan masyarakat rentan terpapar mikroba dan radikal bebas seperti kuman, virus dan bakteri. Tidak bisa dipungkiri memberi potensi yang lebih dalam mengidap suatu gangguan kesehatan. Apalagi wabah pandemi Covid19 yang disebabkan oleh Virus Corona dan telah melumpuhkan manusia di tahun 2020 ini. Seperti yang kita ketahui, Virus Corona merupakan patogen yang menyerang sistem imunitas tubuh dan menimbulkan beberapa penyakit. Jika sudah begitu, risikonya adalah meningkatnya kebutuhan rumah sakit sebagai organ vital penyelenggaraan kesehatan masyarakat. Dengan membludaknya jumlah pasien, mendapat perawatan di Rumah Sakit kian sulit. Belum lagi jika rumah sakit rujukan teletak jauh dari tempat tinggal. Lalu muncul pertanyaan “apakah aman berobat di Rumah Sakit non-rujukan? Dibawah ini kami kasih tau tips cerdik memilih Rumah Sakit versi Rewang Rencang.

1. Legalitasnya ada apa engga?

Ini adalah parameter pertama yang seringkali diabaikan oleh masyarakat namun justru menjadi yang paling penting. Bagaimana ga penting, kalau legalitas adalah penentu yang membuat suatu Rumah Sakit berdiri secara sah. Suatu Rumah Sakit memang memerlukan mekanisme izin untuk pendiriannya. Karena melalui pemenuhan syarat-syarat perizinan tersebut, Rumah Sakit berarti telah menyiapkan standar minimal yang diwajibkan oleh negara. Minimum requirement yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan merupakan patokan wajib yang harus ada dalam penyelenggaraan kesehatan. Maka seharusnya, legalitas adalah yang pertama kali dilihat. Bagaimana cara memastikannya? Apakah harus mengunjungi Rumah Sakit yang bersangkutan? Sayangnya, tidak perlu. Di zaman modern seperti ini, banyak Rumah Sakit yang telah “memamerkan” legalitasnya melalui website. Rencang bisa “stalking” keabsahan legalitas dari situ. Ulasan selengkapnya bisa dibaca di post tentang legalitas Rumah Sakit ini.

2. Lihat Rating di Internet

Mungkin tips ini terlihat sepele, sebagian orang pasti sudah mengetahuinya. Namun sayangnya masih banyak juga orang yang belum aware untuk meninjau sesuatu melalui dunia maya sebelum memastikannya di dunia nyata. Padahal, ulasan dari orang-orang yang pernah merasakan layanan suatu Rumah Sakit juga sangat berguna atau bahkan bisa memberi kamu pertimbangan. Lagi-lagi, di zaman yang serba canggih seperti ini ulasan yang memperlihatkan riwayat orang-orang bertebaran. Yang paling gampang adalah melihat dari Google Maps. Biasanya, ulasan dan rating yang diberikan oleh masyarakat cenderung memperlihatkan kenyataan. Bagaimana tidak, memberikan ulasan dan rating di Google Maps adalah hal yang sangat mudah. Tidak sampai tiga menit, ulasan siap di submit. Apalagi terdapat reward bagi pengguna yang rajin memberikan ulasan suatu tempat di Google Maps.

3. Bagaimana dengan layanannya?

Layanan yang disediakan oleh Rumah Sakit, bisa jadi memperlihatkan apakah bisa menjawab kebutuhanmu atau tidak. Cara paling gampang ya melalui website, sosial media atau aplikasinya. Biasanya walaupun bukan rujukan sekalipun, suatu Rumah Sakit yang telah memiliki layanan yang serupa dengan kebutuhan anda juga menyediakan penanganan sesuai standar. Misalnya di tengah pandemi Covid19 seperti ini, jika anda bertanya apakah aman berobat di Rumah Sakit non-rujukan? Maka rencang lihat dulu apakah terdapat layanan untuk virologi atau parasitologi di dalamnya. Jika ada, kemungkinan Rumah Sakit tersebut juga dapat menangani pasien Covid19 juga. Karena tenaga kesehatan pada umumnya telah mengetahui standar penanganan untuk Covid19.

Misalnya di Kota Malang sebagai kota tempat kantor pusat Klinik Hukum Rewang Rencang. Di awal pandemi, pemerintah menetapkan Rumah Sakit Saiful Anwar sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid19. Tetapi ternyata terdapat pasien yang dirawati di RST Soepraoen yang pada waktu itu belum menjadi Rumah Sakit rujukan, bahkan hingga sembuh. Sehingga disini terlihat bahwa dimungkinkan berobat di Rumah Sakit non-rujukan. Namun untuk lebih lengkapnya, ada baiknya rencang menghubungi dan mengkonfirmasi pihak Rumah Sakit melalui hotline terlebih dahulu untuk memastikan apakah Rumah Sakit menerima penanganan penyakit yang anda lawan?

Demikian tips cerdik memilih Rumah Sakit ala Rewang Rencang. Kamu ada tambahan tips untuk memilih Rumah Sakit yang layak? Tulis komen kamu di bilik komen di bawah ini ya, Rencang. 🙂

#TerbaikTercepatTerpercaya

#KlinikHukumTerpercaya

#SemuaAdaJalannya

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Mulai WA
    1
    Hubungi Kami
    Halo Rencang, ada yang bisa kami bantu?