GAds

Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga

Apakah Rencang-Rencang ingat di awal periode ketika pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia? Di saat itu, situasi mencekam. Orang-orang kebingungan, apa yang harus dilakukan? Berdampak pada berbagai sektor termasuk perekonomian. Diam mati kelaparan, kerja seperti biasa terancam penyakitan. Bahkan yang paling parah adalah terjadinya krisis bahan-bahan yang dapat “mengusir” corona. Contohlah masker kain yang harganya bisa melambung sangat tinggi. Tidak hanya masker namun juga antiseptic, handsanitizer, bahkan produk-produk pembasmi bakteri dan kuman seperti pembersih lantai pun meroket harganya. Di satu sisi, masyarakat perlu diapresiasi karena antisipatif. Tapi di sisi lain, kita juga harus mengutuk para tengkulak yang sengaja memborong stok, menimbun hingga menyebabkan kelangkaan (walau akhirnya belakangan mereka terkena batunya). Adapun bentuk legalitas untuk produk-produk kesehatan itu salah satunya adalah Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT).

Izin PKRT ini dapat dikatakan merupakan izin yang vital dewasa ini. Betapa tidak. Ditengah melambungnya harga-harga produk anti radikal bebas tersebut, muncul industri-industri kecil yang berusaha “menyelamatkan” kepanikan pasar, menjadi alternatif sekaligus mencari peluang keuntungan dikala kesempitan. Mereka memunculkan produk-produk substitusi yang diklaim juga “dapat menangkal virus termasuk Corona”. Harganya? Tentu “terlihat” affordable jika dibandingkan dengan produk-produk petahan yang harganya tak masuk akal tadi. Oleh karena itu kita patut berterima kasih, walaupun pada akhirnya berimbas pada bahan baku seperti Alkohol. Sebenarnya ada satu ironi yang menjadi celah disini. Yap, sebagian besar dari mereka tidak memiliki izin edar! Sehingga dari sisi ekonomi dan sosial, mereka sangat berkontribusi akan tetapi secara medis dan legal, mereka justru mengkhawatirkan. Karena bahan baku, komposisi, higienitas, dan lain sebagainya dipertanyakan. Bahkan di satu titik dapat membahayakan kesehatan.

Perbekalan Kesehatan “Rumah Tangga”: “Oleh RT” atau “Untuk RT”?

Adapun definisi dari PKRT sendiri menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 62 Tahun 2017 adalah alat, bahan, atau campuran bahan untuk pemeliharaan dan perawatan untuk kesehatan manusia, yang ditujukan untuk penggunaan di rumah tangga dan fasilitas umum. Bingung? Yah intinya PKRT merupakan izin edar untuk hal-hal yang menunjang kesehatan rumah tangga. Salah satu istilah yang “diwariskan” dari peraturan sebelumnya (yang masih sering dirujuk oleh kompetitor-kompetitor kami) adalah mengenai Perusahaan Rumah Tangga. Menurut admin, masih ada bias berkaitan dengan istilah “Perusahaan Rumah Tangga” tersebut. Apakah maksudnya produk kesehatan yang dibuat oleh “Perusahaan yang dikelola Rumah Tangga”, atau “Perusahaan yang bergerak di bidang pemenuhan kebutuhan Rumah Tangga”?

Mungkin oleh karena itu juga, di peraturan terbaru tahun 2017 tidak sering “mengungkit” istilah Perusahaan Rumah Tangga. Hanya ditemukan satu pasal yaitu pada Pasal 5 huruf b: “…yang diproduksi oleh perusahaan rumah tangga…” lagi-lagi tanpa memberi definisi apa itu perusahaan rumah tangga. Tapi dengan adanya kata “oleh”, menurut penafsiran gramatikal admin berarti “Perusahaan yang bergerak di bidang pemenuhan kebutuhan Rumah Tangga”. Sehingga pada intinya, yang menjadi produsen dalam hal ini memang hanya perusahaan yang khusus memproduksi kebutuhan rumah tangga yang menunjang kesehatan. Akan tetapi di sisi lain, menurut penulis juga dimungkinkan termasuk “Perusahaan yang dikelola Rumah Tangga”, dengan catatan berbentuk perusahaan ya, Rencang. Penjelasan mengenai “Perusahaan” dapat kamu baca disini.

Pada akhirnya jika kamu termasuk produsen yang memproduksi bahan-bahan penunjang kesehatan rumah tangga, kamu harus berbentuk PT atau minimal badan usaha berakta notariil. Masih belum percaya? Dasar hukumnya ada di Pasal 10 Permenkes diatas. Cek ya. 🙂 Terlebih yang merupakan produsen haruslah mengantongi Sertifikat Produksi sebelum memiliki izin edar PKRT ini. Jika kamu produsen, distributor maupun importir yang memang serius dan tertarik mendaftarkan izin edar Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, kamu bisa melihat ketentuan Bagaimana Cara Mengurus PKRT yang sudah kami rangkum disini.

#TerbaikTercepatTerpercaya

#KlinikHukumTerpercaya

#SemuaAdaJalannya

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Mulai WA
    1
    Hubungi Kami
    Halo Rencang, ada yang bisa kami bantu?