GAds

Pemblokiran Jasa-Cetak-Kartu-Vaksin Di Marketplace

PEMBLOKIRAN JASA-CETAK-KARTU-VAKSIN DI MARKETPLACE

Pemblokiran Jasa-Cetak-Kartu-Vaksin Di Marketplace . Di 2021 ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi untuk masyarakat Indonesia. Vaksin yang digunakan yaitu Sinovac dan Astrazeneca.

Dengan adanya vaksin tersebut diharapkan dapat membantu meminimalisasi angka positif COVID-19. Bahkan sekarang ini, vaksin juga menjadi salah satu syarat untuk berpergian jauh. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab sekarng ini banyak orang yang berburu vaksin, apalai untuk mendapatkan kartu ataupun sertifikat vaksin agar bisa berpergian dengan tenang.

Walaupun demikian, hal tersebut juga bisa menambah kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksin itu penting. Namun tentu saja, vaksin bukanlah jaminan untuk kita tidak terkena COVID-19, namun dengan adanya vaksin dapat lebih mengantisipasi pelonjakan COVID-19.

Semakin banyaknya orang yang memerlukan vaksin/kartu vaksin/sertifikat vaksin khususnya untuk bepergian jauh, maka sekarang ini juga ditemukan pekerjaan jasa baru yakni jasa cetak kartu vaksi di Marketplace.

Kreatif sekali ya rencang, segala kondisi atau sekali ada peluang langsung dijadikan pekerjaan. Namun, karna semakin maraknya jasa tersebut di marketplace maka baru-baru ini terdengan adanya pemblokiran jasa cetak kartu vaksin di marketplace oleh Kementerian Perdagangan Indonesia. Kenapa diblokir?Penasaran?Yuk cek jawabannya :

Kronologi

Semakin banyaknya marketplace yang membuka jasa cetak kartu vaksin, tentunya membuat masyarakat maupun pemerintah khususnya yaitu Kementerian Perdagangan Indonesia. Oleh sebab itu, kementerian melakukan kerjasama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

Kini, kementerian perdagangan sedang melakukan penertiban kepada perdagangan jasa cetak kartu vaksin di marketplace dengan cara pemblokiran. Hingga kini sudah ada pemblokiran sebanyak 137 kata kunci dan 2.453 produk dan jasa pencetakan kartu vaksin.

Selain itu pemerintah juga sudah melakukan proses penurunan/take down tautan penjualan kartu vaksin serta memblokir kata kunci yang mengandung kata “sertifikat vaksin”, “jasa cetak vaksin”, dkk.

Hal tersebut dilakukan karena adanya kecemasan akan keamanan data pribadi konsumen/masyarakat, karena untuk mencetak kartu vaksin, konsumen pengguna jasa ini harus memberikan tautan untuk membuka sertifikat vaksinasi Covid-19 yang memuat data pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau informasi pribadi lainnya.

Tentu saja hal tersebut sangat berpotensi kebocoran dan penyalahgunaan data pribadi seseorang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, adapula penawaran dari pelaku pencetak kartu vaksin di marketplace yang tidak menyebutkan risiko terhadap pembukaan data pribadi yang menyebabkan penawaran tersebut dapat dikategorikan sebagai penyesatan yang menjadikan konsumen menyerahkan data pribadinya tanpa mengetahui risiko-risiko yang dapat dialaminya di kemudian hari.

Oleh karena itu, tindakan tersebut dapat melanggar hak konsumen yang diatur dalam pasal 8 dan pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Maka dari itu, konsumen harus bisa lebih hati-hati dalam melakukan sesuatu khususnya di media online agar tidak kecolongan pencurian atau penyalahgunaan data pribadi. Terlebih lagi di Indonesia masih belum memiliki Undang-Undang secara khusus untuk Perlindungan Data Pribadi, sehingga konsumen harus bernar-benar waspada akan data pribadinya.

Jangan sampai terulang kemabli peristiwa beberapa waktu lalu bahwa adanya kebocoran data priadi masyarakt diSepertiBerdasarkan Pasal 26 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019, setiap orang dapat mengajukan gugatan atas kerugian yang ditimbulkan atas penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang yang dilakukan tanpa persetujuan Orang yang bersangkutan.

Demikian pembahasan kita terkait Pemblokiran Jasa-Cetak-Kartu-Vaksin Di Marketplace . Yuk simak pembahasan-pembahasan selanjutnya di website kami.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Mulai WA
    1
    Hubungi Kami
    Halo Rencang, ada yang bisa kami bantu?