GAds

Upgrade-5G 5G Hadir di-Indonesia

Upgrade-5G 5G Hadir di-Indonesia

Upgrade-5G 5G Hadir di-Indonesia. 5G kini hadir di-Indonesia lho, Rencang. Tak terasa ya per-jaringan duniawi ini udah sampe di 5G. Padahal kalau dipikir-pikir, rasanya seperti baru kemarin 4G itu masih hangat-hangatnya. Bahkan mimin juga ngerasain waktu jaringan masih 3G hingga ke 4G. Beginilah perkembangan teknologi, yang dirasa harus terus berkembang menuju kecanggihan yang semata-mata untuk memudahkan segala aktifitas manusia.

Ngomongin jaringan dengan huruf “G”, Rencang tau nggak sebenarnya apa sih maksud dari “G” itu?

G itu maksudnya Generation atau Generasi dalam bahasa Indonesia. Jadi maksudnya adalah sekarang sudah Generasi ke 5. 5G merupakan pembaharuan terbaru dari yang sebelumnya yaitu 4G, 3G, 2G, 1G.

Sebelum masuk pada inti pembahasan tentang Upgrade-5G, 5G Hadir di-Indonesia, mari simak perkembangan jaringan dari 1G hingga 5G.

Perkembangan dari 1G hingga 5G

  • 1G

Diakui pertama kali pada tahun 1979 oleh Nippon Telegraph and Telephone, Jepang. Negara ini menjadi negara pertama yang memiliki jaringan 1G secara merata. Kecepatan yang dihasilkan maksimal sebesar 2,4 kbps. 1G mampu digunakan untuk panggilan telepon dengan kualitas yang buruk, memiliki daya tahan baterai yang terbatas serta keamanan yang rentan. Di masa ini masih belum terdapat internet, karena 1G hanya menggunakan sistem analog.

  • 2G

Pada tahun 1991, Jaringan 2G pertama kali digunakan oleh Radiolinja, Finlandia. 2G sudah menggabungkan sinyal digital ke jaringan seluler sehingga merupakan peralihan dari teknologi analog ke teknologi digital. Di jaringan 2G ini sudah terdapat fitur SMS dan MMS. Sehingga mampu untuk mengirim pesan teks dan pesan berupa gambar. Pernah mendengar istilah GSM dan CDMA? Ya. Itu merupakan singkatan dari Global System for Mobile Communication dan Code Division Multiple Access. Jaringan 2G lah yang memfasilitasinya. Handphone lama yang ada embel – embel GSM dan CDMA itu loh. Lalu, jaringan 2G masuk di Indonesia pertama kali pada tahun 1993.

Selain itu ada juga jaringan 2.5G yang kecepatan maksimal mencapai 473 kbps. Ini dikenal dengan GPRS atau General Packet Radio Service, dengan kecepatan mencapai 56 kbps sampai 115 kbps. GPRS atau 2.5G ini sudah bisa mengakses internet, mengirim email dan mengirim MMS.

Lalu, 27.5G atau biasa dikenal EDGE atau Enhanced Data Rates for GSM Evolution. Dari kepanjangan dari EDGE saja kita mengetahui bahwa ini merupakan evolusi dari GSM. Kecepatannya sebesar 3 kali lipat dari GPRS.

  • 3G

Internet! 3G adalah awal mula internet bisa diakses melalui telepon genggam. Diluncurkan oleh NTT Docomo Jepang pada tahun 2001. Jaringan 3G memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video maupun musik serta mampu berbicara dengan orang lain dengan video. 3G mencapai kecepatan hingga 2mbps. Jaringan 3G baru masuk Indonesia di tahun 2005.

Perkembangan 3G juga bervariasi, seperti adanya perkembangan 3G+ (3.5G) atau disebut dengan HSDPA. Mimin inget banget ini waktu jamannya pake modem gitu, kecepatannya tulisannya HSDPA atau lambangnya H+ itu paling kenceng. Kalau udah lambangnya E atau EDGE, wah udah kesel banget sama lemotnya, hihihi.

Lalu ada HSUPA (5,76 mb/s), HSPA dan EVDO (42 mb/s)

  • 4G

Di Indonesia, saat ini jaringan 4G lah yang digunakan. Generasi 4 ini telah meningkat sekitar 10 kali lipat dari jaringan 3G. Kerap kita kenali dengan 4G LTE atau 4G Long Term Evolution. Kecepatan, kualitas, dan kapasitas yang tinggi sudah dirasakan di generasi 4 ini. Keamanan pada 4G juga meningkat. 4G juga sangat mendukung untuk kecepatan dalam bermain game, video kualitas tinggi dan streaming kualitas tinggi. Kecepatan 4G mencapai 100 Mbps hingga 1 Gbps.

Dan inilah, 5G ..

5G adalah jaringan generasi terkini yang bisa dibilang masih dalam tahap pengembangan dan belum dirasakan diseluruh dunia. Sejak 2019, jaringan 5G resmi diluncurkan di berbagai negara saja karena masih tahap awal dan masih perlu pengembangan. Negara tersebut adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Kanada, Australia, Inggris dan Selandia Baru.

5G menjamin kecepatan dan jangkauan yang lebih cepat, lebih luas dan koneksi yang stabil. Kabarnya, kecepatan 5G bisa mencapai 1 Gb/s hingga lebih. Namun, jaringan 5G hanya dapat digunakan pada perangkat yang mendukung koneksi jaringan 5G saja.

Sudah tau sejarahnya, sekarang simak syarat menggunakan jaringan 5G dibawah ini.

Berikut Syarat Menggunakan Jaringan 5G,

Apa saja syarat agar bisa menggunakan jaringan 5G? Berikut ini adalah syarat-syaratnya, antara lain :

  1. Menggunakan tipe USIM.
    USIM adalah tipe kartu untuk jaringan 4G LTE. Jika saat ini menggunakan 4G, besar kemungkinan bisa mengupgrade ke 5G. USIM adalah Universal Subscriber Identity Mobile. Sudah jelas dari kepanjangan USIM sendiri bahwa universal, yang berarti nantinya bisa diupgrade menjadi 5G.
  1. Spesifikasi perangkat mendukung 5G
    Tentu saja bagi yang ingin menggunakan jaringan 5G harus didasari dengan smartphone yang mendukung jaringan 5G. Tidak semua smartphone kompatibel dengan 5G. Namun, jangan khawatir! Saat ini banyak ditemui smartphone keluaran baru yang sudah kompatibel dengan 5G kok.
  1. Wilayah terjangkau 5G
    Sementara ini wilayah yang terjangkau 5G hanya di beberapa wilayah/ daerah saja seperti yang disebutkan dibawah ini. Apakah Rencang berada dalam jangkauan? Simak dibawah ini ya, Rencang!

Daftar Wilayah Terjangkau 5G di Indonesia

Di Indonesia, jaringan 5G diluncurkan sejak 27 Mei 2021 dan masih belum bisa dirasakan secara menyeluruh di penjuru Indonesia. Telkomsel merupakan operator pertama yang menjadi penyedia jaringan 5G, setelah itu Indosat.

Berikut ini daftar wilayah yang terjangkau 5G (Telkomsel) antara lain :

  • Cluster Residensial :
  1. Alam sutera, Banten
  2. Bumi Serpong Damai, Banten
  3. Kelapa Gading, DKI Jakarta
  4. Pantai Indah Kapuk, DKI Jakarta
  5. Pondok Indah, DKI Jakarta
  6. Widya Chanda, DKI Jakarta
  • Daerah 5G Hotspot :
  1. Medan, Grapari Merah Putih
  2. Kepulauan Riai, Grapari Batam Center
  3. Jakarta, Grapari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
  4. Bandung, ITB
  5. Bandung, Telkom University
  6. Solo, Grapari Solo
  7. Surabaya, Grapari Pemuda
  8. Balikpapan, Grapari Mal Balikpapan
  9. Makassar, Grapari Pettarani

Berikut ini daftar wilayah yang terjangkau 5G (Indosat) antara lain :

  1. Jakarta (Area monas)
  2. Surabaya (Area Genteng)
  3. Makassar (Area Pettarani)
  4. Balikpapan (Area Gn. Bahagia)

Jadi, sudah mendukung kah smartphone Rencang saat ini? Kalau belum mendukung, beli baru yang support sama 5G ya Rencang, hihihi. Begitulah pembahasan tentang Upgrade-5G, 5G Hadir di-Indonesia. Buat kalian yang sedang mencari isu hukum dan analisis lainnya, simak terus pembahasan-pembahasan lainnya di website kami ya Rencang. #SemuaAdaJalannya

Baca juga artikel sebelumnya: Perlindungan Hak Cipta Musik

 

Daftar Rujukan :

Perbedaan Jaringan 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G (momsmoney.id)
Pengertian Jaringan Seluler 1G 2G 3G 4G 5G – aura-ilmu.com
https://niagakita.id/2020/08/28/6-negara-gunakan-5g/
www.telkomsel.com
Indonesia.go.id – Jaringan 5G Resmi Beroperasi, Transformasi Digital Melesat
Syarat Menggunakan Jaringan 5G, Berikut Daftar Wilayah Terjangkau Layanan 5G di Indonesia – Halaman all – Tribunnews.com

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Mulai WA
    1
    Hubungi Kami
    Halo Rencang, ada yang bisa kami bantu?